Bostonprice Asia Articles

Lautan Biru Masih Membentang di Hadapan Kita

29 Agu

By Anab Afifi   |   In Annual Report Review

     Kumpulkan seluruh agency, konsultan, serta para penulis annual report di Indonesia. Berapakah jumlah mereka? Lalu bandingkan dengan kebutuhan pasar jasa ini setiap tahunnya. Sudahkah memadai?

Saya yakin, supply masih sangat jauh dibandingkan demand. Pasar ini terlalu besar untuk dikerjakan sendirian. Pasar jasa pengadaan annual report ini terlalu besar. Ia adalah lautan biru. Ya itulah istilah manajemen strategik untuk menggambarkan suatu pasar yang nyaris tidak ada persaingan di sana.

Dan, lautan biru masih membentang luas di depan mata kita.

Setiap tahun, tidak kurang dari 1.200 perusahaan yang wajib menerbitkan laporan tehunan. Sekuat-kuatnya satu agency annual report atau pun konsultan annual report, rata-rata hanya mampu mengerjakan 50 – 60 proyek setiap tahun. Itu pun pemainnya ya hanya itu-itu saja. Hanya bisa diitung paling banter tiga atau empati jari.

Diantara sebab utamanya adalah dunia penulisan annual report ini masih terbilang sunyi. Belum banyak penulis yang benar-benar menekuni bidang ini. Sebaliknya, para pelaku bidang desain komunikasi visual, sudah terbentuk. Jumlah desainer annual report tumbuh terus dari tahun ke tahun. Sudah mengindustri.

Di situlah letak ketimpangannya.

Beberapa hari lalu saya sudah melempar clue. Bahwa terdapat peluang menjanjikan bagi teman-teman wartawan untuk terjun di bidang jasa konsultansi annual report ini. Mereka sudah memilki basic yang kuat. Tinggal sedikit berlatih dan menyesuaikan irama kerja bidang ini.

Lautan biru masih terbentang luas di hadapan kita. Mari tinggalkan pikiran usang tentang persaingan yang berdarah-darah itu. Teman-teman yang bergelut di bidang kreatif perlu merangkul para penulis. Perkuat sinergi seraya mempertajam kompetensi masing-masing agar dapat memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat jumlahnya.

Sumber : Annual Report Review

Sign up for newsletter

Silahkan isi email anda untuk berlangganan informasi dan artikel terbaru kami

logo