Bostonprice Asia Articles

Meniti Tangga Juara ARA, Bagaimana Seharusnya?

07 Mar

By Anab Afifi   |   In Bostonprice Asia

     Sebentar lagi kontes Annual Report Award (ARA) untuk tahun buku 2017 digelar. Hari-hari ini kesibukan mulai terasa. Hampir semua perusahaan penerbit buku Laporan Tahunan berlomba ingin menjadi Juara ARA.

Semua berhak meraih predikat juara. Sayangnya, tidak semua meraih posisi bergengsi itu.

Dari sekitar 300 an perusahaan yang berlaga, hanya 33 perusahaan saja yang menempati posisi juara dari 11 katagori penjurian ARA.

Dari bulan Oktober 2017 sampai sekarang, entah sudah berapa puluh undangan pitching saya terima melalui perusahaan saya Bostonprice Asia. Semuanya ingin menjadi juara. Semuanya minta agar perusahaan mereka juara ARA.

Lantas bagaimana?

Semangat itu harus. Namun, sikap rasional wajib dikedepankan. Perusahaan perlu melihat banyak sisi yang harus digali.

Jika tidak, keinginan dan ambisi ingin juara yang berlebihan seringkali melupakan proses. Padahal proses adalah syariat yang wajib dijalankan. Proses yang paling utama adalah berlatih.

Di dunia kejuaraan bidang apa pun, tidak ada juara yang tidak melalui proses latihan. Latihan untuk meniti tahapan-tahapan menapai puncak tangga juara.

Memang, bukan mustahil ada perusahaan yang sekalinya ikut ajang ARA langsung nengkreng di tangga juara. Pada kenyataannya, itu sangat sedikit.

Pada tahun 2017, saya mengerjakan beberapa perusahaan yang berskala ARA. Ada satu yang bertahan menjadi juara. Itu sudah biasa, karena perusahaan ini memang jagoan dan sudah lima tahun masuk juara.

Di luar itu, ada beberapa perusahaan yang berada pada rangking 19 atau 20. Kepada mereka ini, selalu saya tekankan pentingnya tahapan tangga yang harus dilalui. Mereka harus berlatih memperkuat kuda-kuda, otot-otot, dan kaki-kaki dalam organisasi perusahaan itu.

Jika itu sudah kuat, go… go…! Ayo bertanding. Anda bisa juara.

Dari beberapa perusahaan yang semua berada di rangking bontot tersebut, setelah berlatih, mampu merangkak. Bahkan, mampu membuat lompatan yang cukup mengejutkan. Pada ajang ARA 2016, sebuah perusahaan yang semula rangking belasan, membuat kejutan dengan naik sebagai Juara II.

Di tahun 2017, ada perusahaan dari rangking 19 melompat ke rangking 7. Dari rangking belasan menjadi rangking 5. Saya yakin, perusahan-perusahaan jenis ini, pada ajang ARA 2017 akan menjadi penantang baru yang bakal mengejutkan.

Inilah yang saya maksud tahapan proses meniti tangga juara.

Kuncinya adalah berlatih. Dan jika sudah juara, jangan pernah berhenti berlatih. Berlatih dengan membuat evaluasi, workshop dan simulai. Kedua hal inilah yang setiap musim annual report saya wajibkan bagi mereka yang benar-benar ingin juara atau mempertahankan posisi juara.

Selamat berjuang, dan sukses untuk Anda.

Sign up for newsletter

Silahkan isi email anda untuk berlangganan informasi dan artikel terbaru kami

logo